Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Anak SD dengan Metode Berhitung Alif

Ini merupakan cara Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Anak SD dengan Metode Berhitung Alif. Metode dengan pendekatan bahasa dimana waktu atau keadaan tidak memungkinkan menggunakan media seperti alat peraga untuk mengajarkan penjumlahan dan pengurangan bilangan bagi anak SD. Kelas berapa ya?

Angap saja anak SDnya sudah tahu penjumlahan dan pengurangan untuk 1 digit angka dengan 1 digit angka. Jika belum tahu, silahkan diajarkan terlebih dahulu dengan cara yang memudahkan bagi mereka untuk memahaminya. Berapa 1+1, 1+2, 3-2, 5-3, 2-5, dsb. Jika ingin menggunakan media, bisa menggunakan jari untuk mengajarkan hasil penjumlahan dari 1 sampai 20. 

Untuk pengurangan, maka kita ajarkan bahwa pengurangan adalah kebalikan dari penjumlahan. Misalnya 5-2 hasilnya adalah 3 karena 3+2=5.

Jika anak SDnya sudah bisa melakukan penjumlahan dan pengurangan 1 digit angka dengan 1 digit angka maka bisa belajar berhitung dengan cara ini.

Pertanyaan: Bagaimana mengajarkan 2-5 kepada anak SD padahal mereka belum diajarkan bilangan bulat negatif?

Iya betul, makanya kita ajarkan hasil dari 2-5 tersebut yaitu -3 karena yang dikurang lebih kecil dari pengurang. Kita tidak mengajarkan konsep bilangan bulat di SD, bukan betarti kita tidak bisa mengatakan bahwa hasil dari 2-5 adalah -3, bukan mengatakan "tidak bisa" padahal dalam matematika bisa.

Contoh Soal: 
1. 17+15=...
2. 32-17=...


Cara di atas adalah Cara Konvensional dalam Mengajarkan Penjumlahan dan Pengurangan untuk Anak SD. Adapaun dengan Metode Berhitung Alif adalah sebagai berikut.

Cara Mendatar

17+15 
= 1+1 |7+5
= 2 |12
= 2+1 |2
= 32
Jadi, 17+15=32

32-17
=3-1 |2-7 
=2 |-5 ⤵ tulis 5, ingat utang 1. 2  mengurangi utang 1 maka ditulis 2-1, sbb.
=2-1 |5  
=1 |5
=15
Jadi, 32-17=15

Catatan: Menjelaskan hasil dari 2-7 pada anak SD yang belum mengetahui dan mengerti konsep bilangan bulat maka kita gunakan bahasa bahwa 2-7 artinya ada utang 7 dibayar 2 sehingga utang tinggal 5 (ditulis dengan -5).

Untuk Cara Menurun, dan bagaimana mengajarkan anak berhitung sejak dini,  serta mengajarkan operasi perkalian dan pembagian, pelajari lebih lengkap pada kedua buku dari info berikut ini.

📚Info Penting✏

Bagi Anda orang tua yang memiliki anak yang ingin belajar berhitung (Anak TK/SD), admin telah menyusun Buku Ayo Hitung Supaya Bisa dan Pandai sesuai dengan penjelasan bagaimana cara mengajari anak berhitung sejak dini. Target akhir dari buku Ayo Hitung tersebut adalah anak belajar dan berlatih agar mampu mengenal angka satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan dan operasi dasar dalam matematika pada bilangan tersebut. Dapatkan bukunya Di Sini.

Bagi Anda yang memiliki pengetahuan matematika yang lebih (guru/mahasiswa jurusan matematika atau sains), admin telah menyusun Buku Metode Berhitung Alif: Melatih Kekuatan Otak pada Anak yang bagus untuk dibaca karena buku ini membahas tentang apa itu Metode Berhitung Alif dan bagaimana penerapannya dalam matematika seperti pada materi Basis Bilangan Bulat yang dibahas secara lengkap sesuai yang dipelajari dalam mata kuliah Teori Bilangan atau Matematika Diskrit. Dapatkan bukunya Di Sini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url