Belajar Berhitung Anak TK

Contoh Belajar Berhitung Anak TK

Ingin tahu Cara Belajar Berhitung Anak TK? Sebetulnya anak-anak tidak perlu  dipaksa untuk bisa berhitung sejak dini karena kemampuan berhitung itu secara alami sudah dimiliki setiap anak, kecuali anak berkebutuhan khusus seperti autis, mengalami kesulitan belajar, dll.

Kita cukup memberikan stimulasi, mengenalkan konsep bilangan seperti mengajak mereka  mengetahui arti bilangan dalam kehidupan nyata seperti melompat dari 1, 2, 3 sambil dipraktekkan, atau tergantung bagaimana cara bapak/ibu/guru.

Yang perlu bapak/ibu/guru ketahui, anak yang sudah mampu berhitung di usia TK bukan ukuran bahwa anak itu akan pandai/cerdas ketika ia besar.

Anak jangan dipaksa belajar berhitung di usia dini, kita hanya memberikan stimulasi, biarkan mereka menikmati masa bermainnya sambil memberikan pengajaran yang menyenangkan.

Belajar berhitung anak TK dilakukan dengan memberikan stimulus, tidak dengan mengharuskan mereka dapat berhitung di usia dini.

Belajar Berhitung Anak TK dilakukan dengan mengenalkan konsep bilangan secara langsung secara kontekstual dengan kegiatan yang menyenangkan, misalnya membilang (menyebut bilangan dari 1 sampai 10 secara urut), membandingkan mana lebih besar antara 3 atau 2 misalnya dengan meminta mereka memilih antara 3 buah benda dengan 2 buah benda (uang atau makanan biasanya cepat paham hehe), dan menentukan banyak benda di sekitar mereka. 

Pada tahap tersebut, kita tidak boleh memaksakan anak untuk dapat mengetahui angka-angka dengan menyuruh mereka menentukan mana angka tiga, angak empat, dll. Nanti, kalau mereka sudah dapat memahami konsep bilangan maka barulah kita memperkenalkan lambang-lambang bilangan tersebut dengan lebih serius.


📚Info Penting✏

Bagi Anda orang tua yang memiliki anak yang ingin belajar berhitung (Anak TK/SD), admin telah menyusun Buku Ayo Hitung Supaya Bisa dan Pandai sesuai dengan penjelasan bagaimana cara mengajari anak berhitung sejak dini. Target akhir dari buku Ayo Hitung tersebut adalah anak belajar dan berlatih agar mampu mengenal angka satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan dan operasi dasar dalam matematika pada bilangan tersebut. Dapatkan bukunya Di Sini.

Bagi Anda yang memiliki pengetahuan matematika yang lebih (guru/mahasiswa jurusan matematika atau sains), admin telah menyusun Buku Metode Berhitung Alif: Melatih Kekuatan Otak pada Anak yang bagus untuk dibaca karena buku ini membahas tentang apa itu Metode Berhitung Alif dan bagaimana penerapannya dalam matematika seperti pada materi Basis Bilangan Bulat yang dibahas secara lengkap sesuai yang dipelajari dalam mata kuliah Teori Bilangan atau Matematika Diskrit. Dapatkan bukunya Di Sini.

Demikiankah penjelasan tentang bagaimana Belajar Berhitung Anak SD, semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Ibnu Batauga (Owner Matematika Ku Bisa, Creator dari Lajang Template)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url