Buku Metode Berhitung Alif: Melatih Kekuatan Otak pada Anak

Buku ini disusun untuk para pengajar matematika atau yang memiliki keilmuan yang lebih terhadap matematika seperti guru matematika atau mahasiswa jurusan Matematika/IPA. Tidak disarankan untuk orang yang tidak memiliki keilmuan dalam matematika.

Latar Belakang Masalah

Masih ingatkah Anda cara mengerjakan operasi pengurangan bersusun dengan bahasa utang-piutang? Masihkah Anda menggunakan atau mengajarkannya? Ini bahasa yang kurang baik karena mengajarkan mental berhutang (angka) dan tidak membayar utangnya tersebut.

Begitu juga bahasa ingat-mengingat dalam operasi penjumlahan bersusun, mengajarkan mental mengingat-ingat apa yang telah diberikan kepada (angka) yang lain. Sudah saatnya berganti bahasa dengan bahasa yang lebih baik, seperti "memberi lebih baik daripada menerima apalagi meminta".

Solusi Masalah

Metode Berhitung Alif: Melatih Kekuatan Otak pada Anak adalah sebuah metode berhitung untuk mengubah kebiasaan yang kurang baik dalam berhitung, yaitu berhutang tetapi tidak untuk dilunasi dan mengingat-ingat apa yang telah diberikan kepada yang lain. 

Metode berhitung ini dapat digunakan untuk melatih kekuatan atau kemampuan otak pada anak karena menggunakan kebiasaan baru yang berbeda dari biasanya dalam berhitung. Di dalamnya, diperkenalkan Metode Alif, suatu metode yang menerapkan cara membaca al-Qur’an, yaitu membaca dari kanan ke kiri dan menggunaan bahasa efektif. Metode ini tidak hanya bisa diterapkan pada bilangan desimal, tetapi juga pada basis bilangan lain. Berikut ini daftar isinya:

Daftar Isi

Bab Ke-1 Pendahuluan
Berisi tentang asal usul Metode Berhitung Alif
Bab Ke-2 Mengenal Metode Berhitung Alif
A. Angka dalam Bahasa Arab
B. Mengenal Notasi Pagar
C. Penjumlahan Bilangan Bulat
D. Pengertian Metode Alif dan Penerapannya dalam matematika
E. Pengurangan Bilangan Bulat
F. Perkalian Bilangan Bulat
G. Pembagian Bilangan Bulat
Bab Ke-3 Penerapan Metode Alif dalam Basis Bilangan Bulat
A. Penyajian Bilangan Bulat
B. Mengubah Angka dari Basis 10 ke Basis Lain
C. Mengubah Angka dari Basis Lain ke Basis 10
D. Tabel Konversi Basis Bilangan Bulat
E. Basis Non-desimal ke Non-desimal
F. Algoritma Perhitungan Horner
G. Menyelesaikan Operasi Dasar di Berbagai BasisBilangan Bulat
Metode Berhitung Alif sangat sederhana untuk digunakan, tidak mengurangi logika dalam berhitung meskipun menggunakan bahasa yang tidak matematis.

Manfaat

Dalam Metode Berhitung Alif, anak diajarkan bahasa “memberi lebih baik daripada menerima” dalam aturan penyaluran kelebihan bilangan dari sebelah kanan ke sebelah kiri notasi alif sehingga setiap di sebelah kanan notasi alif hanya boleh terdapat satu angka. Selain itu, tidak boleh ada bilangan negatif di sebelah kanan notasi alif sehingga angka yang di sebelah kirinya harus membantu untuk mencukupinya.

Buku Metode Berhitung Alif ini berbeda dari yang lain, berusaha menyatukan berbagai aspek dalam pembelajaran matematika, tidak hanya pada aspek pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga aspek sikap.

Metode ini mudah dan sederhana, metode yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berhitung, kemampuan berimajinasi, dan dapat digunakan untuk mengajarkan tentang saling tolong menolong dan larangan dalam mengutang tetapi tidak dibayar.

Metode Berhitung Alif ini cocok untuk digunakan untuk semua orang baik yang sedang menempuh pendidikan formal pada tingkat dasar, menengah pertama, menengah atas, mahasiswa, atau pun masyarakat umum.

Harapan

Dengan adanya Metode Berhitung Alif, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan kepada para pengajar matematika bahwa aspek apektif, kognitif, dan psikomotorik dapat dijalankan secara bersama-sama dalam waktu yang bersamaan dalam pembelajaran misalnya pembelajaran matematika.

Sampul Depan

πŸŒΈπŸƒπŸŒΈπŸƒπŸŒΈπŸƒπŸŒΈπŸƒ

Harga

  • Rp. 45.000 per buku
  • Rp. 35.000 per buku (ambil 12 buku)

(Belum Termasuk Ongkir)

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url