Belajar Berhitung Tanpa Meminta
Belajar Berhitung Tanpa Meminta adalah bagian dari pembahasan Metode Berhitung Alif untuk mengubah kebiasaan yang kurang baik dalam berhitung, yaitu berhutang tetapi tidak untuk dilunasi dan mengingat-ingat apa yang telah diberikan kepada yang lain.
Tidak hanya itu, metode berhitung ini dapat digunakan untuk melatih kekuatan atau kemampuan otak pada anak karena menggunakan kebiasaan baru yang berbeda dari biasanya dalam berhitung.
Tidak hanya itu, metode berhitung ini dapat digunakan untuk melatih kekuatan atau kemampuan otak pada anak karena menggunakan kebiasaan baru yang berbeda dari biasanya dalam berhitung.
Contoh Cara Mengerjakan Soal Operasi Dasar Secara Konvensional |
Masih ingatkah Anda cara mengerjakan operasi pengurangan bersusun dengan bahasa utang-piutang? Masihkah Anda menggunakan atau mengajarkannya? Ini bahasa yang kurang baik karena mengajarkan mental berhutang (angka) dan tidak membayar utangnya tersebut.
Begitu juga bahasa ingat-mengingat dalam operasi penjumlahan bersusun, mengajarkan mental mengingat-ingat apa yang telah diberikan kepada (angka) yang lain. Sudah saatnya berganti bahasa dengan bahasa yang lebih baik, seperti "memberi lebih baik daripada menerima".
Metode Berhitung Alif dalam mengajarkan Belajar Berhitung Tanpa Meminta sangat sederhana untuk digunakan, tidak mengurangi logika dalam berhitung meskipun menggunakan bahasa yang tidak matematis.
Dalam Metode Berhitung Alif, anak diajarkan bahasa akhlak “memberi lebih baik daripada menerima apalagi meminta” dalam aturan penyaluran kelebihan bilangan dari sebelah kanan ke sebelah kiri notasi alif sehingga setiap di sebelah kanan notasi alif hanya boleh terdapat satu angka.
Dalam Metode Berhitung Alif, anak diajarkan bahasa akhlak “memberi lebih baik daripada menerima apalagi meminta” dalam aturan penyaluran kelebihan bilangan dari sebelah kanan ke sebelah kiri notasi alif sehingga setiap di sebelah kanan notasi alif hanya boleh terdapat satu angka.
Selain itu, tidak boleh ada bilangan negatif di sebelah kanan notasi alif sehingga angka yang di sebelah kirinya harus membantu untuk mencukupinya.
Buku Metode Berhitung Alif ini berbeda dari yang lain, berusaha menyatukan berbagai aspek dalam pembelajaran matematika, tidak hanya pada aspek pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga aspek sikap.
Metode ini mudah dan sederhana, metode yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berhitung, kemampuan berimajinasi, dan dapat digunakan untuk mengajarkan akhlak kepada anak.
Metode ini mudah dan sederhana, metode yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berhitung, kemampuan berimajinasi, dan dapat digunakan untuk mengajarkan akhlak kepada anak.
Metode Berhitung Alif memiliki kekurangan dalam hal penulisan. Akan tetapi, jika sudah terbiasa menggunakannya maka anak hanya perlu berimajinasi tanpa harus menuliskan angkanya.
Kunci dari metode ini adalah kebiasaan membaca dari kanan ke kiri, membiasakan dengan latihan, kecepatan menulis, dan memahami logika berhitung.
Kunci dari metode ini adalah kebiasaan membaca dari kanan ke kiri, membiasakan dengan latihan, kecepatan menulis, dan memahami logika berhitung.